Sunday, June 6, 2010

Cara Mudah Mengunduh Film You-Tube Tanpa Downloader Software

       Sudah tahu You Tube kan? YouTube adalah sebuah website video sharing (berbagi video) yang amat populer di kalangan netter. Di situs yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Pay Pal (Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim) ini, para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Pendaftaran untuk menjadi member-pun gratis.
       Umumnya video-video yang diupload di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video-video amatir. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di web-browser yang memiliki plugin Flash Player.
       Lain dengan situs-situs video pada umumnya, You Tube tidak menyediakan fasilitas untuk download. Jadi anda hanya bisa menikmati klip-klip video tersebut secara online. Inilah yang sering membuat para netter merasa kurang puas, karena tidak bisa menyimpannya untuk koleksi pribadi atau ditontonkan kepada keluarga, sahabat, maupun pacar tercinta.
       Untuk mengunduh film dari You Tube, komputer anda harus memiliki software You Tube downloader sendiri. Namun sayangnya, tidak semua software tersebut mampu bekerja seperti yang kita inginkan. Pengalaman pribadi, penulis pernah meng-install sebuah You Tube downloader dan merasa kecewa karena software tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Namun ada juga sih yang memang mampu berfungsi dengan baik, contohnya You Tube Downloader oleh AlterVista, Easy You Tube Video Downloader yang merupakan Firefox Addon, atau Top You Tube Video Downloader.
       Namun, ada lagi cara yang jauh lebih mudah. Kita dapat mendownloadnya tanpa bantuan software tambahan apapun. Lho?!? Masa sih??!? Iya. Berikut ini caranya. Simak baik-baik ya?
  • Buka situs Youtube, lalu pilih video yang anda inginkan. (Blok address bar, lalu copy (ctrl+C))
  • Buka tab baru (ctrl+T), http://keepvid.com. Lalu paste-kan (ctrl+V) alamat url ke dalam kolom hijau. Lalu klik "DOWNLOAD".

  • Sebuah unduhan taut (download link) akan muncul di bagian bawah. Klik untuk menyimpan file video anda di komputer atau flashdisk.

  • Setelah pesan "pop-up" muncul, klik "SAVE" untuk menyimpan file ke dalam komputer anda. Lalu akan muncul kotak dialog "Find", "Save", "Cancel". Klik "Save". Dalam dialog ini, nama file video-clip anda adalah "get_video".

  • Langkah terakhir, tapi sangat penting. Ganti nama file "get_video" dengan nama pilihan anda. Misal: judul_video. Jangan lupa menambahkan ekstensi "flv" di belakang nama klip yang baru. Jadi, secara lengkap, nama baru bagi file klip video anda adalah judul_video.flv 

  • Selesai. Klip video idaman sudah tersimpan di komputer anda. Sekarang tinggal enjoy it. Tapi bila komputer anda tidak memiliki software FLV player atau yang mendukung format FLV, anda akan melihat icon file video anda seperti gambar di bawah. Berarti anda masih belum bisa menikmatinya. Jangan khawatir. Banyak sekali tersedia freeware FLV player di internet yang bisa di-download (gratis, namanya juga freeware).

 Enjoy.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment