Monday, August 30, 2010

Pedrosa Merajai MotoGP Indianapolis 2010

Minggu, 29 Agustus 2010 (waktu lokal)
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa berhasil memetik kemenangan ketiganya di musim ini dan untuk pertama kalinya di Red Bull Indianapolis Grand Prix sepanjang karirnya di kelas paling bergengsi kejuaraan balap motor MotoGP. Dia mampu mengungguli Ben Spies, peraih posisi pole (start terdepan), dan Jorge Lorenzo sang pemimpin klasemen MotoGP.

Dengan keberhasilannya menjuarai Red Bull Indianapolis Grand Prix hari Minggu kemarin, Dani Pedrosa memperkecil selisih nilai dengan pemimpin klasemen saat ini, Jorge Lorenzo, menjadi 68 point dengan tujuh putaran tersisa untuk musim 2010. Kemenangan ini merupakan kemenangan ketiga baginya dalam musim 2010, dan baru kali ini pembalap Repsol Honda itu dapat meraih tiga kemenangan di suatu musim MotoGP.

Start dari deret kedua, Pedrosa melaju kencang sejak awal dan mencetak waktu tercepat di lap kedua dan berada di posisi kedua, menguntit di belakang Ben Spies. Di akhir lap ketujuh, pembalap berkebangsaan Spanyol itu menyalip pendatang baru tersebut di jalur lurus start/finish dan sejak itu terus memimpin balapan, hingga akhirnya melintasi garis finish dengan selisih waktu 3.575 detik di depan Spies.

Bagi Spies yang membalap untuk team Monster Yamaha Tech 3, posisi runner-up merupakan hasil terbaiknya di kelas MotoGP, dan merupakan kedua kalinya dia naik ke podium dalam debutnya yang fantastis di MotoGP. Spies start dari posisi pole (terdepan) untuk pertama kali di MotoGP. Hasil lomba yang fantastis tersebut sekaligus memastikan posisinya sebagai pembalap tim pabrikan Yamaha untuk tahun 2011.

Finish di posisi ketiga adalah pemimpin klasemen sementara, Lorenzo, yang start dari posisi kedua tapi merosot ke posisi lima di awal lomba. Akan tetapi, hal itu tidak membuyarkan konsentrasinya. Dia mampu menyalip Andrea Dovizioso dan naik ke posisi ketiga tepat sebelum pertengahan lomba. Lorenzo finish di posisi ketiga dengan selisih waktu lebih dari 3 detik di belakang Spies, Lorenzo juga sekaligus mengakhiri rekornya yang fenomenal karena selalu finish di posisi dua besar di seluruh balapan di musim ini.

Valentino Rossi (Fiat Yamaha) finish di tempat keempat, setelah berhasil mengungguli pembalap Repsol Honda, Dovizioso, yang finish di tempat kelima. Nicky Hayden berada di posisi keenam meskipun dia start di deret terdepan dan merupakan start terbaiknya sepanjang karirnya dengan Ducati.

Para "Rookie" lainnya, yaitu Marco Simoncelli (San Carlo Honda Gresini) dan Álvaro Bautista (Rizla Suzuki) tampil mengesankan dengan finish di tempat ke tujuh dan ke delapan secara berurutan, juga Aleix Espargaró (Pramac Racing) serta Héctor Barberá (Páginas Amarillas Aspar) yang juga berada di posisi 10 besar. Loris Capirossi, Hiroshi Aoyama – yang baru saja pulih dari cidera – serta Randy de Puniet adalah tiga pembalap terakhir yang menyentuh garis finish dalam balap Indianapolis 2010 ini.

Para pembalap yang harus menelan kekecewaan karena gagal finish adalah Marco Melandri yang harus berhenti pada lap kedua yang sekaligus adalah balapan Grand Prix ke 200 yang diikutinya, serta Casey Stoner setelah roda depan Ducati Desmosedici GP10 tergelincir di lap kedelapan. Begitu juga Colin Edwards yang terpaksa tidak bisa meneruskan balapan karena masalah ban belakang pada lap 17 dan Mika Kallio yang tejatuh dilap kesepuluh saat melindas bump.

Dalam pengumpulan nilai, balapan ini tetap mengukuhkan Lorenzo sebagai pemimpin klasemen dengan 251 poin, diikuti oleh Pedrosa dengan 183 poin di posisi kedua. Dovizioso berada di posisi ketiga dengan 126 poin, dan Stoner dengan 119 poin di posisi keempat. The Doctor, Rossi, tetap berada di posisi kelima dan Spies naik ke posisi keempat. Untuk hasil lengkap perolehan nilai pembalap, tim, dan konstruktor, silahkan DOWNLOAD di sini.

Pedrosa dan Spies beraksi di tikungan

Sumber: http://www.motogp.com/
Foto: http://www.motogp.com/

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment