Friday, August 27, 2010

Statistik dan Angka Di Balik MotoGP Indianapolis 2010

Balap MotoGP di Indianapolis dipastikan akan berlangsung akhir pekan ini tepatnya tanggal 29 Agustus 2010 (lewat pukul 00:00 WIB, tanggal 30 Agustus 2010). Ada beberapa statistik dan angka-angka yang cukup menarik untuk disimak dibalik putaran MotoGP kali ini.

276 – Kemenangan Nico Terol (Team Aspar) dalam balap kelas 125cc di Brno adalah kemenangan ke 276 kalinya bagi Aprilia dalam dunia Grand Prix . Dengan begitu, Aprilia telah melampaui MV Agusta dalam hal perolehan juara dengan jumlah kemenangan 1 (satu) di atas pencapaian MV Agusta. Hal ini sekaligus menobatkan Aprilia sebagai motor non-Jepang tersukses dalam sejarah Grand Prix jika dilihat dari jumlah kemenangan yang telah dicapai. Jumlah kemenangan ini hanya mampu diungguli oleh Honda dengan 632 kali juara GP serta Yamaha dengan 458 kali juara.

50 – Kesuksesan Jorge Lorenzo menjuarai MotoGP Brno adalah kemenangan GP yang ke-50 bagi pembalap Spanyol dalam kelas puncak. Spanyol sendiri merupakan negara ke-5 yang mampu mencapai angka tersebut dalam kelas paling bergengsi di GP, setelah Italia, Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

34 – Tepat 34 tahun yang lalu, yaitu 29 Agustus 1976, Toni Mang, sang juara dunia ganda, meraih kemenangan perdananya di GP kelas 125cc yang berlangsung di sirkuit Nurburgring, Jerman Barat.

19 – Pembalap berkebangsaan Spanyol selalu menjuarai balapan kelas 125cc dalam 19 (sembilan belas) balapan terakhir. Pembalap terakhir yang tidak berkebangsaan Spanyol yang menjuarai balap 125cc adalah Andrea Iannone, yang menjuarai Catalan Grand Prix tahun lalu. Ini merupakan kemenangan berturut-turut yang terpanjang di kelas 125cc yang diraih oleh suatu negara selama 62 tahun sejarah balapan Grand Prix.

17 – Balapan ini merupakan Grand Prix ke-17 yang berlangsung di Amerika Serikat. Dua balapan pertama, yaitu tahun 1964 dan 1965 berlangsung di sirkuit Daytona yang terkenal. Dua belas balapan GP lainnya dilangsungkan di sirkuit Laguna Seca. Balapan ini sendiri adalah balapan ke-3 yang berlangsung di Indianapolis Motor Speedway.

14 – Empat belas pembalap pertama yang finish di kelas Moto2, Brno semuanya pernah menjuarai GP.

4 – Indianapolis adalah salah satu dari empat sirkuit dalam kalender GP tahun ini (yang sudah menyelenggarakan balapan GP) di mana Ducati belum pernah menjadi juara di kelas MotoGP. Sirkuit-sirkuit lainnya adalah Le Mans, Silverstone dan Estoril.

3 – Indianapolis adalah salah satu dari tiga sirkuit dalam rangkaian GP tahun ini (yang telah menyelenggarakan balapan) di mana Honda belum pernah menjuarai kelas MotoGP. Kedua sirkuit lainnya adalah Misano dan Silverstone.

2 – Yamaha selalu menjuarai balap MotoGP yang telah dua kali diadakan di Indianapolis circuit.

1 – Setelah Andrea Dovizioso terjatuh di Brno, kini Jorge Lorenzo adalah satu-satunya pembalap MotoGP yang selalu meraih poin dalam sepuluh balapan terakhir yang sudah berlangsung di tahun 2010.

Sumber: www.motogp.com



Related Articles:

0 comments:

Post a Comment