Wednesday, July 6, 2011

Cegah Pengaruh Sihir dan Jin Sejak Malam Pertama

Malam pertama memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan setiap pasangan suami istri, karena untuk pertama kalinya pasangan pengantin baru bertemu dalam ranjang pelaminan. Pertemuan pertama ini merupakan peristiwa penting yang sangat berpengaruh terhadap perjalanan bahtera rumah tangga selanjutnya. Seiring perjalanan sang waktu, harapan demi harapan membumbung tinggi. Akan tetapi, dalam kehidupan nyata tidak semua berjalan seperti yang kita harapkan. Banyak persoalan, gangguan, hingga musibah terjadi dalam kehidupan rumah-tangga, seperti kemandulan, keguguran, perselisihan, hingga perselingkuhan yang berujung pada perceraian tanpa ada penyebab yang jelas. Pengaruh sihir dan gangguan jin , yang tidak mudah dipahami oleh akal sehat dan logika semata, seringkali merupakan faktor-faktor spiritual penyebab masalah dalam kehidupan rumah-tangga.

Secara naluriah, kita jelas tidak ingin mengalami musibah tersebut, bukan? Akan tetapi, bagaimana cara mencegahnya? Apakah kita harus pergi ke dukun , atau mencari alternatif pencegahan diluar akal sehat yang berbau syirik dan tidak dibenarkan di dalam agama Islam? Wah, jangan korbankan akidah kita dengan melakukan kesyirikan, meskipun hal-hal berbau syirik sudah umum dilakukan sebagian orang dalam masyarakat kita. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan yang tidak bertentangan dengan akidah Islam. Jika anda masih belum menikah, lakukanlah pada saat memasuki bahtera perkawinan. Jangan terburu-buru hingga lupa :). Jika anda sudah menikahpun masih belum terlambat. Anda bisa melakukannya setelah anda memperbarui nikah dengan pasangan anda tercinta. So, gak perlu nyari lagi. :)

1. Memasuki Bahtera Perkawinan Dengan Doa
Langkah ini dilakukan oleh suami. Segera setelah melakukan akad-nikah, letakkan telapak tangan kanan ke dahi istri sambil mengucapkan doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جُبِلَتْهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جُبِلَتْهَا عَلَيْهِ

"Allahumma inni as'aluka khairahaa wa khaira ma jabaltahaa 'alaihi,
wa a 'uudzu bika min sharrihaa wa sharri ma jabaltahaa 'alaihi."
"Yaa Allah. Berikanlah padaku semua kebaikan yang berasal darinya serta kebaikan yang telah Engkau adakan untuknya, dan aku berlindung padaMu dari semua keburukan yang berasal darinya serta keburukan yang telah Engkau adakan untuknya." 
(H.R. Abu Daud; Al-Albani mensahihkan :151)

2. Awali Malam Pertama Dengan Shalat
Abdullah Bin Mas'ud (RA) berkata: "Pada malam perkawinanmu, yaitu di malam pertama, sebelum hubungan suami istri dalam ikatan perkawinan akan dilakukan untuk pertama kalinya, shalatlah dua rakaat berjamaah dan mintalah istrimu menjadi makmum kemudian berdoa sebagai berikut,"

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ، اللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ بِخَيْرٍ، وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

"Allahumma baarik lii fii ahlii, wa baarik lahum fiyya, allahumma ijma' bainanaa maa jama 'ta bikhair, wa farriq bainanaa iza farraqta ila khair."
Ya Allah, berilah aku keberkahan karena istriku, dan berilah istriku keberkahan karena aku. Ya Allah, jika Engkau menyatukan kami, satukanlah kami dalam kebaikan, dan jika Engkau memisahkan kami maka pisahkanlah kami kepada kebaikan."
 (HR. Thabrani, Albani menshahihkan)

3. Memohon Perlindungan Allah Saat Berhubungan Suami Istri
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu `anhu bahwa Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang diantara kalian membaca doa berikut ini ketika menggauli istrinya, yang kemudian mengandung oleh karenanya, setan tidak akan bisa mengganggu bayi yang dikandungnya,"

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبْ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

"Bismillah Allahumma jannibnaa asy-syaithaan wa jannib asy-syaithaan maa razaqtanaa."
Ya Allah, jauhkanlah kami dari syaitan, dan jauhkan syaitan dari keberkahan yang Engkau karuniakan kepada kami. 
(Al-Bukhari (Fath Al-Bari: 1/291) dan Muslim)

Ada Jin yang setelah bertobat dan masuk Islam bercerita kepada seorang ahli ruqyah bahwa sebelumnya dia sering ikut serta dalam hubungan badan seorang suami dengan istrinya, karena lelaki tersebut tidak pernah berdoa sebelum melakukannya. Subhanallah. Kita memiliki banyak sekali hal-hal yang amat berharga tetapi kita tidak pernah menghargainya.

4. Berwudhu Sebelum Tidur dan Membaca Ayat Kursi
Jangan lupa untuk berwudhu sebelum tidur, lalu membaca Ayat kursi dan meminta perlindungan Allah sampai kita tertidur. Dikisahkan bahwa Syaitan berkata kepada Abu Hurairah (RA): "Siapapun yang membaca Ayat kursi sebelum tidur, dia akan dilindungi oleh Allah ('Azza wa Jalla) Syaitan tidak akan mendekatinya sepanjang malam." Rasulullah SAW membenarkan hal tersebut dan berkata kepada Abu Hurairah "Syaitan itu mengatakan kebenaran kepadamu, akan tetapi dia adalah pembohong." Al-Bukhari (Fath Al-Bari: 6/338) and Muslim (An-Nawawi: 17/17)

Itulah beberapa hal yang seyogyanya kita lakukan apabila kita menikah. Pada intinya, agar keluarga kita selalu dilindungi dan dijauhkan dari gangguan serta godaan syaitan, kita harus selalu memohon perlindungan Allah SWT dan senantiasa mengingat serta berdzikir kepadaNya.

Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Fushshilat: 36)

Insya Allah, jika hal-hal di atas kita lakukan dengan ikhlas semata-mata meminta perlindungan Allah, kita akan dijauhkan dari segala macam gangguan yang berasal dari jin dan syaitan. Kita harus menyadari bahwa apapun yang terjadi, baik atau buruk, tidak ada sesuatupun yang terjadi di dunia ini tanpa ijin Allah. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dan seluruh anggota keluarga kita, sehingga keluarga sakinah mawaddah warrahmah yang kita idamkan dapat terwujud. Amiin.

"Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya." (QS. An-Nahl: 99)

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment