Friday, August 19, 2011

Facebook For Business: Kembangkan Usaha Via Facebook

Bagi para Facebookers yang menjalankan bisnisnya melalui Facebook, nih ada info menarik. Banyak dari para Facebookers yang masih memakai profil pribadi atau bahkan membuat profil lagi untuk mengembangkan usaha dengan memanfaatkan Facebook. Mereka belum mengetahui bahwa Facebook telah meluncurkan fasilitas Facebook For Business yang sangat menguntungkan dalam mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah. Inilah yang disebut Social Media Marketing atau Facebook Marketing, yaitu menjalankan usaha dan/atau memasarkan produk atau jasa melalui jejaring sosial seperti Facebook.

Beberapa langkah pengembangan yang diambil oleh situs-situs jejaring sosial pesaing Facebook, seperti Twitter, LinkedIn, bahkan Google dengan Google +1 nya telah membuat Facebook tidak mau ketinggalan. Untuk mengembangkan fitur yang ditawarkannya kepada para pengguna, terutama para pemilik usaha, sekarang ada Facebook For Business, yaitu sebuah program edukasi bagi mereka yang ingin mengembangkan usaha melalui Facebook. Diklaim sebagai 'Facebook's powerful marketing tools', program tersebut dirancang untuk membimbing para pemilik usaha baru dan para pengguna Facebook yang masih belum memahami cara memanfaatkan jejaring sosial di internet untuk menjalankan bisnis. Di program ini, pengguna akan dibimbing langkah demi langkah untuk memasarkan usahanya via Facebook.

Rancangan pembelajaran bisa dikatakan sangat menarik. Pengguna akan diajari cara membuat Facebook Fan page bagi usahanya. Tutorial tersebut mengajarkan bagaimana cara menggunakan gambar, video, dan presentasi dalam Fan page agar menarik dan efektif dalam menjaring calon customers. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan tips-tips atau strategi untuk menjalankan fan page mereka, serta bagaimana mendapatkan jumlah fan yang cukup besar, dan bagaimana menganalisa performa dengan menggunakan Insights dan Analytic.

Facebook for Business benar-benar akan mengajari para pemilik usaha kecil dan menengah bagaimana cara memanfaatkan situs jejaring sosial Facebook untuk memasarkan usaha mereka secara efektif dan efisien.

Facebook for Business adalah suatu langkah positif yang dapat menarik minat pengguna Facebook baru. Program ini akan semakin mengukuhkan posisi Facebook sebagai situs jejaring sosial terbesar dan paling diminati di dunia. Bagi para pesaing Facebook, ini merupakan satu motivasi dan tantangan untuk menjalankan situs jejaring sosial mereka dengan memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya.

Tips: Jangan membuat profil pribadi Facebook baru untuk mengembangkan bisnis, misal dengan menggunakan nama usaha anda sebagai pengganti nama asli anda. Hal ini tidak saja bertentangan dengan aturan yang diberlakukan Facebook, tapi juga dapat semakin "memisahkan" teman-teman Facebook yang sudah kita miliki selama ini. Facebook sudah menyediakan Fan page untuk bisnis anda.

Red: Sekalian bergabung dengan page Mr. Guru ya? Kalo mau n ikhlas, klik di sini. Butuh "massa" niih ... masa cuman 24? :(( Terima kasih atas dukungannya. Selamat beribadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankannya. Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment