Thursday, September 25, 2014

Quiz Kurikulum 2013 Untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK (Part 2)

  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. Sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013, maka ....
    1. Indikator dikembangkan untuk seluruh KD, baik KD yang dikembangkan dari KI-1, KI-2, KI-3, maupun KI-4
    2. Pengembangan RPP harus sesuai dengan silabus yang telah dikembangkan secara nasional
    3. RPP dirancang berpusat pada peserta didik dengan tetap mempertimbangkan kondisi di satuan pendidikan
    4. Kegiatan inti pada RPP dikembangkan secara terpadu meliputi: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, serta mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah, dan mengkomunikasikan
  2. Guru Bahasa Inggris menyusun RPP. Kompetensi dasar yang tersedia ....
    1. Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa;
    2. Memahami cara dan fakta yang diperlukan untuk menyampaikan informasi dan instruksi yang diperoleh dari pengumuman, undangan, pesan singkat, iklan, dan teks label pada obat/makanan/minuman;
    3. Memahami cara dan fakta yang diperlukan untuk mengungkapkan kegiatan rutinnya (generic structure/language feature descriptive text);
    4. Menyampaikan informasi dan instruksi dengan ungkapan bervariasi tentang fakta dengan benar dalam bentuk short functional text berupa pengumuman, undangan, pesan singkat, iklan, dan teks label pada obat/makanan/minuman melalui kegiatan mehyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
    Manakah kompetensi dasar yang tepat digunakan jika topik materinya adalah tentang undangan?
    1. No 1, 2, dan 3
    2. No 2, 3, dan 4
    3. No 1, 2, dan 4
    4. No 1, 3, dan 4
  3. Salah satu hasil penilaian autentik terhadap siswa dengan rubrik dari tayangan sebuah film adalah "the presenter spoke clearly and intelligibly, modulating voice tone and quality, maintaining eye contact, and using appropriate body language." Pada bagian komponen manakah dalam penyusunan RPP hal tersebut bisa dilihat?
    1. Identitas Mata Pelajaran
    2. Kompetensi Inti
    3. Metode Pembelajaran
    4. Penilaian Hasil Belajar
  4. Salah satu kompetensi dasar yang digunakan guru adalah mengenal berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan (menyapa, memperkenalkan diri, dan menginisiasi topik percakapan). Manakah di antara indikator pencapaian kompetensi berikut ini yang memuat perpaduan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan?
    1. 1) mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyapa; 2) melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan sapaan; 3) melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan perkenalan diri.
    2. 1) menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris; 2) mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri; 3) melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan perkenalan diri melalui kegiatan terintegrasi menyimak-berbicara.
    3. 1) menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris; 2) menghargai kemampuan untuk menyapa dan memperkenalkan diri dari teman sejawat; 3) melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan perkenalan diri melalui kegiatan terintegrasi menyimak-menulis.
    4. 1) mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyapa dan memperkenalkan diri; 2) melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan sapaan melalui kegiatan terintegrasi menyimak-berbicara; 3) melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan perkenalan diri melalui kegiatan terintegrasi menyimak-berbicara.
  1. Manakah di antara penggalan proses pembelajaran berikut ini yang menggambarkan konsep pendekatan scientific?
    1. Setelah siswa masuk ruangan, guru memerintahkan siswa untuk membuka buku dan langsung menerangkan pelajaran.
    2. Setelah memulai kegiatan pendahuluan, siswa diajak mengamati isi tayangan video, bertanya-jawab tentang isi, dan mencoba berlatih bercakap-cakap dengan ungkapan yang dicontohkan di dalam tayangan.
    3. Setelah melihat video pembelajaran, siswa diinstruksikan untuk mengerjakan lembar soal yang telah disiapkan dan kemudian mempresentasikan di depan kelas.
    4. Siswa menyajikan hasil pekerjaan rumah yang telah selesai dikerjakan secara berkelompok.
  2. Manakah di antara penggalan proses pembelajaran berikut ini yang menggambarkan konsep pendekatan scientific dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berfokus pada keterampilan menulis-berbicara?
    1. Melalui tanya-jawab, siswa mencatat bagian terpenting dalam bentuk karangan eksposisi dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.
    2. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa menirukan pola kalimat yang dituangkan ke dalam paragraf dan membacanya degan suara keras dan pengucapan yang salah langsung dibetulkan oleh guru.
    3. Dengan membaca koran berbahasa Inggris, siswa diinstruksikan untuk membuat sinopsis lalu menyajikannya dalam bentuk bercerita secara lisan dalam bahasa Inggris.
    4. Melalui pengamatan diluar kelas, siswa kemudian menuangkan gagasan dalam bentuk karangan, mempresentasikan secara lisan di depan kelas. Siswa yang lain mengajukan pertanyaan dan menanggapi.
  3. Pada keterampilan berbicara dan menulis bahasa Inggris, konsep pendekatan scientific untuk aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menonjol adalah ....
    1. Mengamati percakapan, berdiskusi, menghargai pendapat, memahami ungkapan, dan mencoba menuangkan gagasan.
    2. Mengetahui pola kalimat, menerapkan dalam bentuk kalimat, dan menyajikan dalam presentasi.
    3. Menghayati dialog, menirukan, dan membuat dalam bentuk kalimat.
    4. Menanggapi doalog, mempraktikkan, menyajikan, dan bertanya jawab.
  4. Sebuah tayangan video dipertontonkan di awal kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Pada aspek keterampilan, para siswa melakukan pengamatan dan penciptaan. Pada aspek pengetahuan, siswa memperoleh pengetahuan baru. Indikator keberhasilan apa yang menjadi fokus perolehan pembelajaran bahasa Inggris?
    1. Menghapal kosakata baru.
    2. Mengetahui isi percakapan di dalam video.
    3. Cara sebuah ungkapan berbahasa dipraktikkan dan variasi ungkapan berbahasa digunakan.
    4. Hasil terjemahan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dari isi video dan menuangkan kembali dalam bahasa Inggris melalui karangan.
  5. Seorang guru bahasa Inggris menerapkan konsep pendekatan scientific pada keterampilan membaca-menulis. Aktivitas siswa adalah membaca teks dan mencari makna konteks, diikuti dengan menanyakan hal-hal diluar kontes dan berakhir dengan menuangkan gagasan kembali dengan kata-kata sendiri dalam bentuk karangan pendek. Pendekatan scientific apa yang bisa ditarik dengan memperhatikan aktivitas tersebut?
    1. Menerima - bertanya - menerapkan
    2. Mengamati - bertanya - mencipta
    3. Menerima - menghayati - mengamalkan
    4. Mengetahui - memahami - menerapkan
  1. Dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan fokus pada keterampilan menulis, siswa menuangkan gagasannya secara bebas dalam bentuk esai. Aktifitas pendahuluan apakah yang paling mungkin jika pembelajaran menerapkan konsep pendekatan scientific yang berorientasi pada pengembangan aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan?
    1. Menulis kata-kata yang sukar, melihat kamus, dan berdiskusi
    2. Membahas kosakata yang sukar secara berkelompok, memperhatikan kembali ungkapan bahasa yang digunakan, dan membaca sumber referensi
    3. Menyajikan secara lisan makna kata, menyebut sumber referensi, dan membaca nyaring
    4. Membaca sumber referensi, berdiskusi, dan memaparkan hasil diskusi
  2. Penilaian otentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Berikut adalah kaidah-kaidah perancangan penilaian otentik pada proses dan hasil belajar, kecuali ....
    1. penilaian otentik cenderung fokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual, memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam pengaturan yang lebih otentik.
    2. penilaian otentik dapat dibuat oleh guru sendiri, guru secara tim, atau guru bekerja sama dengan peserta didik.
    3. pada penilaian otentik, guru menetapkan kriteria yang berkaitan dengan konstruksi pengetahuan, kajian keilmuan, dan pengalaman yang diperoleh dari luar sekolah.
    4. penilaian otentik perlu menggambarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang sudah atau belum dimiliki oleh peserta didik, bagaimana mereka menerapkan pengetahuannya, dalam hal apa mereka sudah atau belum mampu menerapkan perolehan belajar, dan sebagainya.
  3. Seorang guru bahasa Inggris menilai keterampilan pidato siswa, komponen yang diperlukan untuk menyusun rubrik adalah ...:
    1. (1)aspek kebahasaan yang mencakup kemahiran, diksi, keakurasian, intonasi, pengucapan, waktu, dan isi; (2)deskriptor yang menggambarkan tingkatan aspek kebahasaan yang dicapai; (3)band; (4)skor.
    2. (1)aspek kebahasaan yang mencakup kemahiran, diksi, keakurasian, intonasi, pengucapan, dan kepercayaan diri; (2)deskriptor yang menggambarkan tingkatan aspek kebahasaan yang dicapai; (3)band atau skor.
    3. (1)aspek kebahasaan yang mencakup kemahiran, diksi, keakurasian, intonasi, pengucapan, dan isi; (2)deskriptor yang menggambarkan tingkatan aspek kebahasaan yang dicapai; (3)band; (4)skor; (5)komentar penilai.
    4. (1)aspek kebahasaan yang mencakup kemahiran, diksi, keakurasian, intonasi, pengucapan, dan isi; (2)deskriptor yang menggambarkan tingkatan aspek kebahasaan dan psikologis yang dicapai; (3)komentar penilai; (4)skor; (5)keterangan.
  4. Guru bahasa Inggris menyebutkan sebuah KD di dalam RPP, yakni mengenal berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan (menyapa, memperkenalkan diri, menginisiasi topik percakapan). Jika guru tersebut akan memberikan penilaian proses belajar, bentuk penilaian yang tepat adalah ....
    1. role play
    2. cloze tasks
    3. completion tasks
    4. summarizing and responding
  5. Di RPP, guru bahasa Inggris menggunakan kompetensi dasar "menyampaikan fakta dengan ungkapan bervariasi tentang kegiatan di masa lampau dalam bentuk recount text melalui kegiatan menulis dan berbicara." Manakah bentuk tugas yang tepat diberikan kepada siswa?
    1. (1) Collect the pictures you have ever taken; (2) Display the pictures on the showcase.
    2. (1) Tell what you did yesterday; (2) Describe the persons you lived with.
    3. (1) Write the story you experienced during holiday; (2) Tell your experience during holiday
    4. (1) Express in words your idea about the museum you visited; (2) Write down the details of the people you interviewed.
  6. Salah satu kompetensi yang saat ini sedang diajarkan Pak Yono pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas X SMA adalah kompetensi sikap, yaitu KD 1.1 "Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya". KD ini diajarkan dengan cara diintegrasikan dalam pembelajaran KD-KD pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Instrumen yang paling cocok digunakan untuk penilaian KD 1.1 tersebut adalah ....
    1. Lembar Pengamatan
    2. Daftar Cek
    3. Penilaian Diri
    4. Guru sebagai instrumen
  7. Bentuk instrumen penilaian yang sesuai dengan model pembelajaran Project-Based Learning adalah ....
    1. Lembar observasi sikap dan tes uraian
    2. Lembar observasi sikap dan tes tulis
    3. Produk dan lembar observasi sikap
    4. Tes kinerja dan lembar observasi sikap
  8. Hasil belajar siswa dilaporkan ke orang tua siswa / wali murid melalui raport. Kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) dalam Mapel diisi dengan menggunakan nilai kualitatif: Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K). Penilaian B pada rapot berarti bahwa siswa tersebut ....
    1. Sudah konsisten (selalu berperilaku) sesuai yang diharapkan
    2. Cukup konsisten (kadang-kadang berperilaku) sesuai yang diharapkan
    3. Mulai konsisten (sering berperilaku) sesuai yang diharapkan
    4. Sudah kompeten
  9. Hasil belajar siswa dilaporkan ke orang tua siswa / wali murid melalui raport. Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari setiap guru mata pelajaran yang berupa angka (berdasarkan perhitungan skala 1 s.d. 4) dan kode huruf (predikat A s.d. D). Penilaian B pada raport berarti bahwa siswa tersebut ....
    1. Menguasai seluruh kompetensi dengan kualitas melebihi yang diharapkan
    2. Menguasai seluruh kompetensi pada tingkat kriteria minimum yang dipersyaratkan
    3. Menguasai sebagian besar kompetensi, tetapi ada satu atau dua kompetensi penting yang belum dikuasai
    4. Sudah kompeten
  10. Amin mendapatkan nilai Pengetahuan 2,66 (B-), nilai Keterampilan 2,66 (B-), dan nilai Sikap B. Penafsiran akhir hasil penilaian belajar Amin ke dalam bentuk raport adalah ....
    1. A, Amin menunjukkan kesungguhannya dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun perlu ditingkatkan lagi sikap percaya dirinya.
    2. B, Amin menunjukkan kesungguhannya dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun perlu ditingkatkan lagi sikap percaya dirinya.
    3. B+, Amin belum menunjukkan kesungguhannya dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun perlu ditingkatkan lagi sikap percaya dirinya.
    4. B+, Amin tidak menunjukkan kesungguhannya dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun perlu ditingkatkan lagi sikap percaya dirinya.
  11. Di sebuah sekolah, disepakati pembobotan untuk menentukan nilai raport adalah 2 : 1 : 1 untuk Nilai Harian (NH) : Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) : Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS). Hari memperoleh nilai pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai berikut:
    NH = 80
    NUTS = 75
    NUAS = 80
    Maka nilai raport bahasa Inggris yang diperoleh Hari jika dikonversikan masuk dalam predikat ....
    1. B
    2. B+
    3. A-
    4. A

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment