Check Our Latest Update

Soal Reading Bahasa Inggris Ujian Sekolah & VIERA / TOEIC Preparation - Volume 2

Direction: Choose the best answer to the questions Boy : What are you going to do after completing your study? Are you going to the unive...

Home All posts

February 27, 2020

Perbedaan Penggunaan Bentuk WILL dengan BE GOING TO

Perbedaan Penggunaan Bentuk WILL dengan BE GOING TO

S
eringkali kita merasa bingung tentang penggunaan "will" dan "be going to" untuk membicarakan kejadian di masa yang akan datang (Future) dalam bahasa Inggris. Meskipun "will" dan "be going to" sama-sama dipakai untuk membicarakan kegiatan atau kejadian di waktu yang akan datang, ada situasi-situasi di mana kita harus membedakan keduanya.

1. Contoh Dialog dengan “Will” dan “be Going to”
Perhatikan penggunaan kata kerja berbentuk Future “will” dan “be going to” dalam dialog-dialog singkat berikut ini. Dialog A:
Tom: "What are you going to do with those ice cream sticks?"
Bill: "I am going to make a toy ship for my school assignment."
Tom: "Oh, great. By the way, will you come with me to a football game this afternoon?"
Bill: "Certainly, but I'll have to finish my assignment first."

Dialog B:
(Seorang manager sedang berbicara di telpon dengan seorang karyawannya)
Manager: I need the report soon. Have you finished with it?
Lisa: In a minute. I will hand it to you when it's ready.
(Setelah laporan selesai, Lisa pergi menuju kantor managernya. Dia bertemu Ita, temannya.)
Ita: Where are you going?
Lisa: I’m going to see the manager. He needs this report.

Dialog C:
(Dua orang pelajar sedang berbincang santai saat tiba-tiba langit mendung.)
Boy: It’s very cloudy. I think it’s going to rain.
Girl: I think so. It’s getting colder now.
Boy: By the way, how is Ryan? Has he recovered from his illness?
Girl: Well, there are signs of improvement. I think he’s going to recover soon. The doctor says he’s going to be all right.
Boy: I’m relieved to hear that. Hey, what about some ice cream?
Girl: I’ve been on a diet for almost a week. So, I’m not going to eat ice creams.

Apakah kalian sudah tahu apa perbedaan makna yang tersirat dari bentuk "will" dan "be going to" dalam kalimat-kalimat pada dialog di atas, serta bagaimana menggunakannya dan membedakannya? Mari kita pelajari penjelasan dan contoh-contoh di bawah ini.
2. Perbedaan Penggunaan “Will” dan “be Going to”
Berikut ini penjelasan tentang perbedaan penggunaan bentuk “will” dan “be going to”, seperti dijabarkan dalam buku "Practical English Grammar" (Thomson & Martinet).
  1. Bentuk be going to menyiratkan adanya niat yang sudah direncanakan atau dipersiapkan sebelumnya, sedangkan bentuk will hanya menyiratkan niat tanpa ada rencana sebelumnya. Lihatlah contoh-contoh kalimat di bawah ini:
    • I have bought some bricks and I'm going to build a garage.(ada rencana & persiapan sebelumnya)
    • There is somebody at the hall door. - I'll go and open it.(niat saja tanpa ada rencana/persiapan sebelumnya)
  2. Jika niat tersebut tidak diketahui secara jelas apakah sudah direncanakan sebelumnya atau tidak, bentuk going to atau will bisa digunakan tanpa ada perbedaan:
    • I will/am going to climb that mountain one day.
    • I won't/am not going to tell you my age.
  3. "Will" digunakan untuk menyatakan tekad atau keputusan yang bulat dari orang pertama (I/we), dengan penekanan pengucapan (stress) pada kata "will":
    I will help you. = 'I definitely intend to help you'.
    Sedangkan, kalimat yang menjelaskan niat dari orang kedua (you) atau ketiga (he/she/it/they) umumnya menggunakan bentuk "be going to":
    • He is going to resign.
    • Are you going to leave without paying?
  4. Pada kalimat negatif, "not going to" bermakna "tidak berencana/tidak bermaksud", sedangkan "won't" pada umumnya memiliki makna "menolak"
    • He won't resign = "He refuses to resign.".
    • He isn't going to resign = "He doesn't intend to resign".
  5. "Be going to" digunakan untuk mengacu pada waktu yang segera/tidak lama lagi dan biasanya sudah tampak gejala/tanda-tandanya, sedangkan "will" bisa mengacu baik pada waktu yang segera maupun lebih lama lagi.
    • Look at the dark cloud! It's going to rain.
    • Rainy season is coming. It will rain a lot here.
3. Contoh Perbedaan "Will" vs "Be Going to" Sebagai Future Tense
Beberapa kalimat contoh untuk membedakan "Be Going to" dan "Will"
SentenceMeaning
Dialog 1:
Santi:We are running out of cooking gas.
Andi:I'm going to get some today.(sudah direncanakan sebelumnya)
I'll get some today.(spontan dan belum direncanakan)
Dialog 2:
Syifa:Where is the printed report?
Rosa:I’ll get it for you.(spontan dan tidak direncanakan)
I'm going to get it.(sudah direncanakan sebelumnya)
Latihan Soal
Perbedaan "Will" dan "Be Going to"
Ubahlah kata-kerja di dalam kurung ke dalam bentuk "be going to" atau "will". pada beberapa kalimat, kedua bentuk tersebut bisa digunakan.
  1. Ida: What are you doing with that spade?
    Gani: l (plant) some cassava trees in the garden.
  2. Rena: Oh, I think I've left my bag upstairs.
    Ivan: I (go) and get if for you.
    Rena: Thanks. You're very kind.
  3. Priti: This is a terribly heavy box.
    Ulfa: I (help) you to carry it.
    Priti: That's very kind of you. Thanks.
  4. My mom has bought some flour; she (make) a cake.
  5. Vina: Why are you taking down all the pictures?
    Tasya: l (repaper) the room. I'm bored with the old look.
  6. Some workmen arrived today with a roller. I think they (repair) our road.
  7. Gita: Why are they carrying a saw?
    Ovy: They (cut) down the big tree behind this building.
  8. Jane: Who will post these documents?
    Firda: I (do) it. I have to go to the bank and I can post it on my way there.
  9. Sarah: you (lend) me your calculator?
    Wina: I'm sorry I'm still using it.
  10. Umi: Do you think we have enough time to go to the station?
    Yoko: Well, if we hurry we (be) able to catch the train.
  11. The project has been postponed because several land owners (not sign) the agreement.
  12. Juli: Vina, we don't have any salt.
    Vina: Don't we? I (get) some from the shop nearby then.
  13. Teacher: Have you decided what to do after you graduate?
    Udin: Yes, Sir. I (look) for a job and help my parents.
  14. Desi: Do you have a plan for the weekend?
    Lila: Yes. I (spend) a night in Bromo with my family.
  15. Satya: I don't know how to operate this camera.
    Yana: Alright, I (show) you.
  16. Kiki: Have you replied the email from ABC Company?
    Linda: Oh, i'm sorry, I completely forgot. I (do) it now.
  17. Sofi: What a heavy rain?
    Cita: Absolutely. I hope it (stop) soon.
  18. Benny: I've got a terrible headache.
    Dika: Wait. I (get) you some medicine from the school clinic.
  19. Lina: Has he arrived yet?
    Yeni: Not yet. I (inform) you when he does.
  20. Nia: Do you hear that strange noise?
    Toni: Yes, I do. I think the engine (break).
Referensi:
  • Azar B.S. Understanding and Using English Grammar (2nd Ed). NJ: Prentice-Hall. Inc, 1989.
  • Thomson & Martinet. A Practical English Grammar (4th Ed). Oxford: Oxford University Press, 1986.
  • Swan, M. Practical English Usage. Oxford: Oxford University Press, 1980.
Baca juga: Prev: BSE SMK/MAK Kelas XII; 6/28/11, 9:11 PM
PV 6386

February 19, 2020

How to Use Past Continuous Tense

How to Use Past Continuous Tense
The Structure of Past Continuous Tense
Was/were + V-ing
Examples:
  • The wind was blowing gently.
  • Some workers were repairing the road.
  • Fani and I were walking along the beach.
How to Use Past Continuous Tense
  1. Past continuous tense is used to talk about what was happening at a particular time in the past.
    • What were you doing yesterday at seven p.m.?
    • When she entered the room, the students were doing the assignment.
    Compare these two sentences. They refer to different situations:
    • When the guest arrived, we were still preparing dinner.
    • When the guest arrived, we prepared dinner.
  2. In narratives (stories, etc.), the past continuous is often used for descriptions, and the past simple for events and actions.
    The bride was wearing a white dress and carrying a bouquet of lilies. Suddenly, a man stood up at the back of the church. He said ....
  3. The past continuous is used for temporary actions and situations in the past. For longer or more permanent situations, we usually use the past simple.
    The earthquake happened while I was living in Bantul last year.
    I lived in Malang for ten years when I was a child.
  4. In the expressions "I was wondering if you could/would…….., I was hoping, and I was thinking", the past continuous is used to make a request or suggestion sound more polite or less definite.
    I was wondering if you’d like to go out with me for dinner one evening.
  5. The past continuous can be used to indicate a gradually developing situation.
    It was getting darker.
    The wind was rising.
  6. In indirect speech, the past continuous is used as a past equivalent of the present continuous:
    He said, “She is working.” He said that she was working.
  7. Just as in the present continuous, there are verbs that cannot be used in the past continuous.
Exercise
A. Do this exercise. Put the verbs into the past continuous tense.
  1. The children were frightened because it (get) dark.
  2. He usually wears sandals but when I last saw him he (wear) boots.
  3. The car had nobody in it but the engine (run).
  4. Two children (play) on the sand and two fishermen (lean) against an upturned boat.
  5. When I first met her she (sit) alone at the porch.
  6. When I entered the library he (read) a book.
  7. She (stand) at the bus stop. I asked her what bus she (wait) for.
  8. I went into the garden to see what the boys (do). Ali (weed) and Eka (cut) the grass.
  9. While he (learn) to drive he had five accidents.
  10. While we (fish) somebody came and left this note.
  11. As she (climb) the ladder it slipped sideways and she fell off it.
  12. Tony didn’t eat much and said that he (try) to lose weight.
  13. I couldn’t hear her because the traffic (make) a lot of noise.
  14. From the sounds it was clear that someone (practice) the piano.
  15. The exam had just begun and the candidates (write) their names at the top of their papers.
B. Put the verbs into the simple past or the past continuous. Click here to learn more about the differences between the simple past and the past continuous.
  1. I (make) a cake when the light (go) out, so I (have) to finish it in the dark.
  2. When I (arrive) the lecture had already started and the professor (write) on the overhead projector.
  3. He suddenly (realize) that he (travel) in the wrong direction.
  4. He (play) the guitar outside her house when someone (open) the window and (throw) out a bucket of water.
  5. You (look) very busy when I (see) you last night. What you (do)?
  6. To get home, he (have) to go through a field where a bad-tempered bull usually (graze).
  7. This bull normally (not chase) people unless something (make) him angry.
  8. Unfortunately, as he (cross) the field, his mobile phone suddenly (ring) loudly.
  9. While he (water) the flowers it (begin) to rain. He (put) up his umbrella and (go) on watering.
  10. I (find) this ring as I (dig) in the garden.
  11. When he (arrive) at the station, his parents (wait) for him. As soon as he (see) them he (wave) his hand and (call) them.
  12. The men (say) that they (work) on the road outside my house and that they (want) some water to make coffee.
  13. Why you (lend) him that book? I still (read) it.
  14. When I (call) the tailor yesterday he (say) that he (work) on my suit.
  15. When I last (see) her she (hurry) along the road to the station. I (ask) her where she (go) and she (say), ‘Surabaya’.
BSESMK X 053111 0324PM 7081

February 18, 2020

Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris Kelas XII SMK Tahun 2020

Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris Kelas XII SMK Tahun 2020
Hallo, sobat Mister Guru sekalian, khususnya adik-adik pelajar kelas XII SMK yang sedang bersiap-siap menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Pada postingan ini, Mister Guru akan membagikan Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris SMK Tahun Ajaran 2019-2020. Mister Guru menyusun kisi-kisi ini dengan memasukkan hampir semua materi Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai dari kelas X, XI, hingga XII, terutama yang memiliki kemungkinan terbesar untuk masuk dalam Ujian Nasional.

Semoga kisi-kisi Ujian Sekolah Bahasa Inggris ini dapat bermanfaat dan membantu adik-adik sekalian dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Selamat belajar.

NoKOMPETENSI DASARMATERIINDIKATOR SOALLEVEL KOGNITIFBENTUK SOAL
13.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang kegiatan rutin/ kebiasaan, sesuai konteks penggunaannya.Rutinitas / kebiasaan sehari-hariDisajikan dialog rumpang tentang rutinitas / kebiasaan sehari-hari, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepatC4PG
23.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannyaRencana / niat melakukan suatu kegiatanDisajikan dialog rumpang tentang rencana / niat melakukan suatu kegiatan, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepatC4PG
33.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks mengenai pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian di waktu yang akan datang (Conditional Sentence type 1), sesuai dengan konteks.Conditional type 1Disajikan dialog rumpang tentang pengandaian (Conditional type 1), siswa dapat menganalisa kalimat / kata kerja yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut C4PG
43.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis tentang orang,tempat dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.Deskripsi tentang seseorangDisajikan dialog rumpang tentang deskripsi seseorang, siswa dapat menyimpulkan kalimat / ungkapan yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
53.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.Tindakan/kejadian di waktu lampauDisajikan dialog rumpang tentang kejadian di waktu lampau, siswa dapat menganalisa kalimat / kata kerja yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC4PG
63.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menarik kesimpulan tentang isi teks tersebut dengan tepatC5PG
73.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung dalam teks tersebut dengan tepatC5PG
83.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menganalisa makna kata ganti benda (pronoun) dengan tepatC4PG
93.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menentukan padanan kata dengan tepatC3PG
103.1 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang ungkapan meminta dan memberi saran (suggestion), sesuai dengan konteks penggunaannya.Giving suggestionDisajikan dialog rumpang tentang sebuah permasalahan, siswa dapat menyimpulkan saran yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
113.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang ungkapan memberi dan meminta pendapat (opinion), sesuai dengan konteks penggunaannyaGiving opinionsDisajikan dialog rumpang tentang pendapat, siswa dapat menyimpulkan pendapat / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.C5PG
123.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai dengan konteks penggunaannya Invitation letterDisajikan sebuah teks undangan resmi, siswa dapat menyimpulkan tujuan teks tersebut dengan tepatC5PG
133.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai dengan konteks penggunaannya Invitation letterDisajikan sebuah teks undangan resmi, siswa dapat menganalisa informasi terperinci yang terkandung dalam teks tersebutC4PG
143.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menarik kesimpulan tentang isi /tujuan teks tersebutC5PG
153.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menganalisa informasi terinci yang tersirat dalam teks tersebutC4PG
163.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
173.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan konteks di dalam teksC3PG
183.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan permintaan (request), sesuai dengan konteks penggunaannyaRequestsDisajikan sebuah dialog rumpang tentang permintaan (request), siswa dapat menyimpulkan kalimat permintaan / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
193.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannyaAnnouncementDisajikan sebuah teks pengumuman (announcement), siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
203.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannyaAnnouncementDisajikan sebuah teks pengumuman (announcement), siswa dapat menganalisa informasi terperinci dalam teks tersebutC4PG
213.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang suatu hal yang tidak terjadi di waktu sekarang (conditional sentence type 2), sesuai dengan konteks penggunaannya.Conditional sentence type 2Disajikan sebuah dialog berisi kalimat pengandaian (conditional sentence) type 2 yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebutC3PG
223.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan penawaran barang dan jasa (offering things and service), sesuai dengan konteks penggunaannya.Making an OfferDisajikan sebuah dialog rumpang tentang penawaran (offer), siswa dapat menyimpulkan kalimat penawaran / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
233.12 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan memberi dan meminta informasi petunjuk arah (asking and giving direction), sesuai dengan konteks penggunaannya.Asking directionDisajikan sebuah dialog rumpang tentang petunjuk arah, siswa dapat menyimpulkan kalimat permintaan petunjuk arah / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
243.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
253.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menyimpulkan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teksC5PG
263.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
273.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
283.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang hal yang tidak terjadi di masa lampau (conditional sentence type 3), sesuai konteks penggunaannyaConditional sentence type 3Disajikan sebuah dialog berisi kalimat pengandaian (conditional sentence) type 3, siswa dapat menyimpulkan makna dari kalimat pengandaian tersebutC5PG
293.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan /pengalaman kerja, sesuai konteks penggunaannyaJob responsibility / experienceDisajikan dialog rumpang tentang tanggung jawab pekerjaan, siswa dapat menyimpulkan kata/kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC4PG
303.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
313.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menganalisa informasi terperinci dalam teks tersebutC4PG
323.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
333.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
343.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
353.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menganalisa informasi dalam teksC4PG
363.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
373.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
383.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnyaBusiness letterDisajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut dengan tepatC5PG
393.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnyaBusiness letterDisajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat memprediksi tindakan apa yang diharapkan secara tepatC5PG
403.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnyaBusiness letterDisajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
413.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks news itemDisajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat menyimpulkan judul / isi teks tersebut dengan tepatC5Essay
423.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks news itemDisajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat menentukan informasi penyebab kejadian dalam teksC3Essay
433.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai konteks penggunaannyaTeks news itemDisajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat memprediksi tindak lanjut yang akan / harus dilakukanC5Essay
443.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.MemoDisajikan sebuah teks memorandum, siswa dapat menentukan siapa pengirim/penerima memo tersebutC3Essay
453.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.Memo Disajikan sebuah teks memorandum, siswa dapat menganalisa tindakan apa yang diharapkan dari memo tersebutC4Essay
Prev: BSE SD/MI Kelas 6; 9/1/10, 7:21 PM; PV 6572

February 11, 2020

Soal Olimpiade Bahasa Inggris Elementary SD - SMP Paket Soal 1C Terbaru

Multiple Choice Questions.
  1. I’m a .... I grow rice. I work with a hoe in a rice field.
    1. farmer
    2. grocer
    3. fisherman
    4. butcher
  2. I like taking .... My hobby is photography.
    1. cameras
    2. paintings
    3. pictures
    4. drawings
  3. Dea: The room is very dirty.
    Gita: Yes. Where is the ...? I want to sweep the floor.
    1. mop
    2. duster
    3. brush
    4. broom
  4. Ria: The flowers look dry. They need water.
    Kinan: Yes. Let's fill this ... with water and water them.
    1. bucket
    2. broom
    3. brush
    4. soap
  5. Look at the traffic sign. It means ....
    1. we should know that many pedestrians walk here.
    2. we should be careful of many road crossers.
    3. the street is designed for pedestrians.
    4. cars and motorcycles may not enter the road.
  6. We taste food using our ....
    1. tooth
    2. nose
    3. lips
    4. tongue
  7. If you want to see wild animals, go to the ....
    1. palace
    2. pet shop
    3. zoo
    4. museum
  8. The sun sets in the ....
    1. east
    2. north
    3. west
    4. south
  9. Salsa: How ... are you?
    Rena: I am twelve years old.
    1. long
    2. old
    3. tall
    4. age
  10. Mr. Dani lives ... Probolinggo.
    1. in
    2. at
    3. with
    4. on
  11. Questions 11 to 15 refer to the picture below.
  12. Which is true according to the map?
    1. There is a bank on Amelia Street.
    2. The music store is next to a toy store.
    3. The hospital is opposite a pet shop.
    4. The school is behind a supermarket.
  13. There is a pet shop ... the fast food restaurant.
    1. opposite
    2. beside
    3. behind
    4. next to
  14. The flower shop is at the ... of Santos Dumont Street and Rosa e Silva Avenue.
    1. border
    2. end
    3. middle
    4. corner
  15. To get to the hospital, from the school you walk along Rosa e Silva Avenue and ... into Santos Dumont Street.
    1. walk past
    2. turn right
    3. stop by
    4. turn left
  16. If you want some fish for your aquarium, you can visit the ... on Amelia Street.
    1. supermarket
    2. restaurant
    3. pet shop
    4. school
  17. Questions 16 to 24 refer to the picture below.
  18. Mr. Mario is Ivan’s ....
    1. uncle
    2. brother
    3. grandfather
    4. father
  19. Salma is Laila’s ....
    1. daughter
    2. niece
    3. sister
    4. mother
  20. Chairul is Mrs. Mario ....
    1. grandfather
    2. grandson
    3. grandchildren
    4. grandparents
  21. Mr. and Mrs. Mario have three children. They are ....
    1. Hadi, Ivan, and Fatimah
    2. Aisyah, Ivan, and Laila
    3. Chairul, Chairil, and Salma
    4. Aisyah, Ivan, and Fatimah
  22. Salma and Chairil are ....
    1. cousins
    2. nieces
    3. nephews
    4. step children
  23. Aisyah has a .... Her name is Salma.
    1. cousin
    2. daughter
    3. nephew
    4. niece
  24. Hadi is Laila’s ....
    1. step son
    2. brother
    3. brother-in-law
    4. uncle
  25. Laila is Chairul’s ....
    1. mother-in-law
    2. aunt
    3. uncle
    4. stepmother
  26. Mr. and Mrs. Mario are Hadi’s ....
    1. parents-in-law
    2. parents
    3. grandparents
    4. step parents
  27. This is my uncle. He helps protect the public in emergency situations. He is a ... .
    1. policeman
    2. fire extinguisher
    3. fire fighter
    4. water man
  28. Adi is playing football with his friends in the backyard. They are very noisy. Adi's mother doesn't like it because Adi’s little sister is taking a nap. What will Adi’s mother probably say to them?
    1. Please sit down!
    2. Please, be quiet!
    3. Close the door, please!
    4. Do not catch the ball!
  29. Gani likes playing traditional games with his friends. His favorite game is .... In this game, one player becomes the guard and he must find all the hiding players.
    1. hide and seek
    2. snake and ladder
    3. cat and mouse
    4. hide and run
  30. Complete the text below to do questions 28 to 31
    I live in a small town with my family. My father is a teacher and my mother is a ...(28).... I have one ...(29). His name is Jimmy. He is nine years old. He ...(30)... playing kites with his friends. ...(31)... names are Edo and Rahman.
    1. wife home
    2. wife house
    3. house woman
    4. housewife
    1. sister
    2. niece
    3. grandson
    4. brother
    1. like
    2. likes
    3. likely
    4. liked
    1. Their
    2. Them
    3. They
    4. Theirs
  31. Read the text below and answer questions 32 to 35.
    Today I go to school earlier because there is a flag ceremony. All students and teachers gather in the yard. During the ceremony, we raise and salute our national flag. It is held every Monday.
  32. The word “students” has the same meaning as ....
    1. Pupils
    2. Children
    3. Principals
    4. People
  33. Why do all students, teachers and staffs gather in the yard?
    1. To go earlier
    2. To join the flag ceremony
    3. To gather the flags
    4. To plan a ceremony
  34. How often do they have the flag ceremony?
    1. In the morning
    2. Everyday
    3. Every Monday
    4. Today
  35. It is held every Monday.
    The word “it” in the above sentence refers to ....
    1. the ceremony
    2. the flag
    3. the yard
    4. the school
082210 0505 PM PV 9123

January 09, 2020

Talking about Future Plans and Predictions in English

Talking about Plans and Predictions
Asking About PlansHiding Plans
What is your plan?
What are you going to do ...?
What do you intend to do ...?
What are you planning to do ...?
I’ve got a particular plan.
I can’t tell you now.
You’ll see (later).
Let’s wait and see.
Stating PlansPredicting
My plan is ....
I’m going to ....
I intend to ....
I’m planning to ....
Do you think ... will ...?
...will ..., I expect.
You will ....
It’s going to ....
Note:
The Difference between "WILL" and "BE GOING TO".
  • “Will” is often used to express an unplanned and spontaneous decision.
  • “Will” is usually used to indicate a future event or action with little certainty.
  • “Be going to” is used to express something that is planned in the future.
  • “Be going to” is also used to express something that is going to happen in the near future, or it is almost certain to happen.
See also Contrasting Future Forms: "Be Going To" VS "Will" and Perbedaan Penggunaan Bentuk WILL dengan BE GOING TO
Dialogue: Discussing Plans
How to Talk about Plans and Predictions in English
Two friends are talking about their plans for the weekend.

Lina: What are you going to do this weekend, Yeni?
Yeni: I’ve got a particular plan.
Lina: What is it?
Yeni: Sorry, I can’t tell you now. You’ll see.
Lina: C’mon. What are you planning to do this weekend?
Yeni: Let’s wait and see, I told you. What about you? What’s your plan?
Lina: I think I will watch ‘Rumah Angker’. You know, that horror film.
Yeni: Well, I would watch another movie if I were you.
Lina: Really? But I like horror movies. They’re thrilling.
Yeni: Thrilling? It’s just not worth-seeing.
Lina: Why do you say so?
Yeni: I just don’t see the point of drowning ourselves in the movies about mystics and superstition when we are supposed to be more logical in this era of internet and technology.
Lina: Hey, do you think all movies should be logical? Besides, horror movies are becoming more and more popular each day.
Yeni: That's it. When a movie becomes a hit, a dozen movies with the same genre will follow. Movie producers will keep stuffing viewers with similar movies because they think people like them.
Lina: When a movie becomes popular, it means people like it. What’s wrong with that?
Yeni: Well, film makers will follow the trend. They will tend to make similar movies, very often without paying attention to quality. It will be full of ‘a flash in the pan’.
Lina: What did you say? ‘Something’ in the pan?
Yeni: A flash in the pan, something which enjoys popularity for a short time.
Lina: That’s new for me. Now, you haven't told me about your plan. What do you intend to do this weekend?
Yeni: Make a guess.
Lina: You will go swimming, I expect. You like swimming, right?
Yeni: Not this weekend. Maybe next.
Lina: You will go out of town, I suppose.
Yeni: No. This weekend is my dad's birthday, and we’re planning to give him a surprise party.
Lina: A surprise party? It must be fun.
Yeni: Certainly. I am looking forward to it.
Exercise
Answer these questions.
  1. What is the topic of the conversation?
  2. What is the most probable relationship between the speakers?
  3. What is Lina's plan for the weekend? And what is Yeni's?
  4. What does Yeni think about Lina's plan?
  5. Rewrite the sentences that indicate the speakers' plan.
  6. Rewrite the sentences that indicate the speakers' prediction or guess.
Also read:BSE SMK 052111 0427 PM 8868

November 28, 2019

Strategi & Kupas Tuntas SKL UNBK SMK MAK 2020

Strategi & Kupas Tuntas SKL UNBK SMK MAK 2020

Buku Strategi & Kupas Tuntas SKL UNBK SMK 2020 adalah buku yang layak dimiliki oleh para pelajar SMK kelas XII yang sedang sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional (UNBK) SMK 2020. Disusun oleh tim MGMP Bahasa Inggris Wilayah Kerja 2 Provinsi Jawa Timur, buku yang berisi kumpulan soal Ujian Nasional (UN) SMK dan dilengkapi dengan materi reading & listening, pembahasan soal, serta prediksi UNBK 2020 ini akan sangat membantu para guru dan siswa dalam mengenali karakter soal serta memetakan materi yang harus dikuasai untuk menghadapi Ujian Nasional.

Spesifikasi buku:

  • Judul buku: STRATEGI & KUPAS TUNTAS SKL UN SMK 2020
  • Ukuran buku: 19 cm x 26 cm
  • Tebal buku: 118 halaman
  • Harga: Rp. 27,000.-
  • Penulis: Tim MGMP Bahasa Inggris Wilayah Kerja 2 Provinsi Jawa Timur
  • Dicetak oleh: ARPUS GRAFIKA UTAMA
  • Penerbit: CV. ARPUS INDONESIA
  • Anggota IKAPI No. 238/JTI/2019

Buku Strategi & Kupas Tuntas SKL UNBK SMK 2020 ini juga dilengkapi dengan Listening audio yang bisa diakses dengan mudah, sbb:

  1. Listening Section 1: http://bit.ly/listeningsection1
  2. Listening Section 2: http://bit.ly/listeningsection2
  3. Listening Section 3: http://bit.ly/listeningsection3
  4. Listening Section Prediction Test 1: http://bit.ly/predictiontest1
  5. Listening Section Prediction Test 2: http://bit.ly/predictiontest2
  6. Listening Section Prediction Test 3: http://bit.ly/predictiontest3

Jika anda berminat untuk memiliki buku ini, hubungi koordinator terdekat kami, sbb:

  • Prastowo Ismanto, S.Pd. (SMKN 1 Probolinggo) 0822-3020-4962
  • Rakhmawati Chandra Kartika, S.Pd. (SMKN 1 Lumajang) 0852-3451-1999
  • Lina Ferawati, S.Pd. (SMKN Winongan Pasuruan) 0812-5282-1470
  • Bambang Suherman, S.Pd. (SMKN 2 Kraksaan) 0852-3304-2912
  • Wahyu Ekawati, M.Pd (SMKN 5 Jember) 0812-4931-5470
  • Siti Nur Hamidah, S.Pd. (SMKN 1 Situbondo) 0852-5958-8350
  • Rini Indah Ningsih, S.Pd. (SMKN 1 Pasuruan) 0813-3433-8336
  • Widya Paramita, S.Pd. (SMKN 2 Probolinggo) 0812-3490-458
  • Febri Hariyanto, S.Pd. (SMKN 1 Pakem Bondowoso) 0812-3452-735

051811 1011 PM 14691

November 27, 2019

Dari Adverb Clause ke Modifying Phrase Menggunakan Participle

Adverb Clause ke Modifying Phrase Menggunakan Participle
Untuk meningkatkan efisiensi kalimat dan keindahan gaya bahasa, kita bisa menyingkat atau memperpendek adverb clause menjadi modifying phrase dengan menggunakan past participle (verb 3) atau present participle (verb -ing).

Bagaimana cara menyingkat Adverb clause menjadi Modifying phrase?
Untuk menyingkat adverb clause menjadi modifying phrase dengan menggunakan participle, perhatikan beberapa catatan di bawah ini:
  • Subyek dalam adverb clause (anak kalimat keterangan) harus sama dengan subyek dalam main clause (kalimat induk). Jika subyek dalam adverb clause tidak sama dengan subyek dalam main clause (kalimat induk), maka adverb clause tidak dapat diubah menjadi modifying phrase. (Lihat contoh-contoh kalimat di bawah untuk lebih jelasnya.)
  • Jika adverb clause berbentuk kalimat aktif (active voice), maka modifying phrase harus menggunakan present participle (verb -ing). Contoh:
    1. Because she felt upset, she didn't say a single word. (adverb clause)
      Feeling upset, she didn't say a single word. (modifying phrase)
    2. He locked the door before he left. (adverb clause)
      He locked the door before leaving. (modifying phrase)
  • Jika adverb clause berbentuk kalimat pasif (passive voice), maka modifying phrase harus menggunakan past participle (verb 3). Contoh:
    1. Because he was trained by a professional coach, he soon learnt much about difficult techniques. (adverb clause)
      Trained by a professional coach, he soon learnt much about difficult techniques. (modifying phrase)
    2. When the door is opened, it squeaks. (adverb clause)
      When opened, the door squeaks. (modifying phrase)

Apa saja fungsi modifying phrase?
  1. Menyingkat time clause (klausa keterangan waktu). Time clause biasanya ditandai dengan adanya kata after, before, while, when, as, since. Di sini, modifying phrase memiliki makna “during the same time; while”. Contoh:
    • Since she moved to this country, she has made many friends.
      Since moving to this country, she has made many friends.
    • Before you do the test, read the instructions carefully.
      Before doing the test, read the instructions carefully.
    • While he was watching a film last night, he fell asleep.
      While watching a film last night, he fell asleep.
  2. Menyingkat adverb clause “cause and effect” (sebab akibat), umumnya ditandai dengan "because, since, as". Di sini, modifying phrase memiliki makna adanya “cause and effect relationship; because”. Contoh:
    • Because she needed money to support her children, she had to work.
      Needing money to support her children, she had to work.
    • Because I have seen the movie before, I don’t want to go again.
      Having seen the movie before, I don’t want to go again.
    • Because I had seen the movie before, I didn’t want to go again.
      Having seen the movie before, I didn’t want to go again.
    • Because Anne could not see clearly from the back row, she moved to the front row.
      Not (being) able to see clearly from the back row, Anne moved to the front row.
Latihan Soal
A. Garis bawahi semua modifying phrase dan pilihlah makna yang sesuai ("while" atau "because") seperti pada contoh nomer 1.
  1. Sitting on the white sand, she enjoyed the amazing beauty of the sunset at the beach. (while/because)
  2. Unable to afford a car, she bought a motorcycle. (while/because)
  3. While living here, she made many friends. (while/because)
  4. Not wanting to disappoint her, he decided to say nothing about it. (while/because)
  5. Standing in front of the house, I realized how much it had changed. (while/because)
  6. Pointing to the sentence on the board, the teacher explained the meaning of modifying phrases. (while/because)
B. Ubahlah adverb clause dalam kalimat-kalimat berikut menjadi modifying phrase.
  1. Before I came to class, I had a cup of tea.
  2. After she had completed her work, she submitted it to the teacher.
  3. Because he didn’t want to wake everybody up, he tried not to make much noise.
  4. Because he had run a red traffic light, he got a ticket and had to pay a fine.
  5. After I had read the explanation twice, I finally understood the theory.
  6. While I was reading the paper this morning, I saw an article on global warming.
  7. Because they were unable to send their children to school, they let them work at an early age.
  8. Before he became a teacher, he worked for a garment manufacturer and exporter in Surabaya.
  9. While I was sitting at the quiet beach, I felt united with the nature.
  10. Because she had never seen an active volcano before, she never stopped admiring the beauty of Bromo.
C. Gabunglah kedua kalimat di setiap nomer dengan menjadikan kalimat pertama sebagai modifying phrase.
  1. I did not want to be late again. I left very early this morning.
  2. She thought she would never learn to play the piano. She stopped taking lessons.
  3. The student checked his answers. He found he had made many mistakes.
  4. I wanted to finish the work in time. I had to work late last night.
  5. They were exhausted. They stopped to rest under a very shady tree.
  6. She had just recovered from her illness. She had to stay home during the weekend.
  7. The child played computer games too much. He got an eye irritation.
  8. Many housewives develop the habit of watching TV in the morning. They become less productive.
  9. The students did not understand the lesson. They asked the teacher to repeat the explanation.
  10. He wants to save some money every month. He has decided to cook his own meals.
  11. She could not tolerate the noise. She tapped her fingers loudly on the table.
  12. I was bored. I went out for a walk to the park last night.
  13. The snake felt threatened. It started hissing and spitting at the cat.
  14. The building was being renovated. It was closed for visitors.
  15. The little boy felt the unbearable pain. He never stopped crying.
BSE SMA Kelas XI 052011 0558 AM 17661

November 12, 2019

Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat SMA - SMK - MA Tahun 2019

Olimpiade Bahasa Inggris SMA - SMK - MA 2019

Ada kabar gembira bagi para pelajar bangku sekolah menengah atas dan sederajat (SMA/SMK/MA/MAK) yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya melalui soal-soal tertulis. Ajang tahunan Olimpiade Bahasa Inggris atau English Olympiad 2019 untuk tingkat SMA / SMK akan segera diselenggarakan di SMKN 1 Probolinggo.

Melalui Olimpiade Bahasa Inggris ini, pelajar diharapkan dapat menambah 'learning experience' (pengalaman belajar) sekaligus sebagai sarana persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera persiapkan diri menghadapi tantangan ini dan daftarkan diri kalian melalui bapak/ibu guru di sekolah atau secara langsung ke kami.

Pendaftaran
  • Pendaftaran mulai tanggal 4 November 2019 sampai tanggal 20 November 2019.
  • Pendaftaran bisa dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB di:
    SMKN 1 PROBOLINGGO
    Jl. Mastrip no. 357
    Probolinggo
    atau menghubungi contact person kami sebagai berikut:
    1. WAHYU PERDANA: 0897-0560-0411
    2. PRASTOWO ISMANTO: 0822-3020-4962
    3. TITIN CHASANA: 0852-3534-3823
    4. SILVI: 0857-3554-0566
  • Biaya pendaftaran: Rp. 60,000.-
  • Pengambilan kartu peserta tanggal 22 November 2019.
Technical meeting
Pelaksanaan Technical meeting:
  • Hari/tanggal: Senin, 18 Nov 2019 pukul 09.00
  • Tempat: SMKN 1 Probolinggo
  • Harap setiap sekolah peserta mengirimkan 1 (satu) guru sebagai perwakilan peserta.

Pelaksanaan Lomba
Pelaksanaan lomba:
  • Hari/tanggal: Jumat, 22 November 2019 pukul 13.00 WIB.
  • Tempat: SMKN 1 PROBOLINGGO

Ketentuan Lomba
  1. Soal bersifat CBT (Soal berbasis komputer)
  2. Soal terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.
  3. Waktu mengerjakan soal adalah 120 menit
  4. Selama mengerjakan soal peserta dilarang menggunakan alat bantu dalam bentuk apapun selain peralatan tulis.
  5. Pemenang adalah peserta dengan nilai terbaik/tertinggi.

Kisi-kisi Materi Olimpiade:
  1. The Verbs Phrase
  2. Subject- Verb Agreement
  3. Modal Auxiliaries
  4. Verbs as Complements
  5. Comparisons
  6. Cause Connectors
  7. Passive Voice
  8. Causative Verbs
  9. Relative Clauses
  10. Clauses of Concession
  11. Reading Texts

Dare you take this challenge? What are you waiting for then? Kami tunggu partisipasi kalian semua. Hadiah-hadiah menarik sudah menunggu kalian lho.

“Twenty years from now, you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails." (Mark Twain)
Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat SMA - SMK - MA061211 0958 PM

Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat SMP - MTS Tahun 2019

Olimpiade Bahasa Inggris SMP-MTs 2019

Ada kabar gembira bagi para pelajar sekolah menengah pertama (SMP / MTs) dan yang sederajat, terutama bagi para pecinta tantangan. Ajang tahunan Olimpiade bahasa Inggris atau English Olympiad 2019 tingkat SMP dan MTs akan segera diselenggarakan di SMKN 1 Probolinggo.

Melalui Olimpiade Bahasa Inggris ini, pelajar SMP / MTs diharapkan dapat mengasah kemampuan berbahasa Inggris serta menambah 'learning experience' (pengalaman belajar) dalam mengerjakan soal-soal komputer (CBT) sebagai persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) CBT tahun 2020.

Pendaftaran
  • Pendaftaran mulai tanggal 4 November 2019 sampai tanggal 20 November 2019.
  • Pendaftaran bisa dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB di:
    SMKN 1 PROBOLINGGO
    Jl. Mastrip no. 357
    Probolinggo
    atau menghubungi contact person kami sebagai berikut:
    1. WAHYU PERDANA: 0897-0560-0411
    2. PRASTOWO ISMANTO: 0822-3020-4962
    3. TITIN CHASANA: 0852-3534-3823
    4. SILVI: 0857-3554-0566
  • Biaya pendaftaran: Rp. 60,000.-
  • Pengambilan kartu peserta tanggal 22 November 2019.
Technical meeting
Pelaksanaan Technical meeting:
  • Hari/tanggal: Senin, 18 Nov 2019 pukul 13.00
  • Tempat: SMKN 1 Probolinggo
  • Harap setiap sekolah peserta mengirimkan 1 (satu) guru sebagai perwakilan peserta.

Pelaksanaan Lomba
Pelaksanaan lomba:
  • Hari/tanggal: Sabtu, 23 November 2019 pukul 10.00 WIB.
  • Tempat: SMKN 1 PROBOLINGGO

Ketentuan Lomba
  1. Soal bersifat CBT (Soal berbasis komputer)
  2. Soal terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.
  3. Waktu pengerjaaan soal adalah 120 menit
  4. Selama mengerjakan soal peserta dilarang menggunakan alat bantu dalam bentuk apapun selain peralatan tulis.
  5. Pemenang adalah peserta dengan nilai terbaik/tertinggi.

Kisi-kisi Materi Olimpiade:
  1. Notice
  2. Tenses: Simple Present, Simple Past, Present Perfect, Future, Present Continuous, Past Continuous
  3. Complimenting / congratulating
  4. Giving / responding to good/bad news
  5. Making / responding to offers, requests, suggestions
  6. Directions/maps
  7. Making / responding to invitations
  8. So/too, either/neither
  9. Comparisons
  10. Countable/uncountable Noun
  11. Adjectives / adverbs
  12. Conjunctions
  13. Texts : Narrative, Descriptive, Procedural, Recount, Factual reports, Advertisements, Announcements, short private letters
  14. Vocabulary

Jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera daftarkan diri kalian melalui bapak/ibu guru di sekolah atau secara langsung ke kami. Hadiah-hadiah menarik sudah menunggu.

Take this challenge. Be prepared and good luck.

“Twenty years from now, you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails." (Mark Twain)
Masterweb Affiliate
Originally published on 6/8/10 8.10 pm.

Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat SD - MI Tahun 2019

Olimpiade Bahasa Inggris SD & MI Tahun 2019

Ada kabar gembira untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SD atau MI, terutama bagi mereka yang ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris melalui soal-soal tertulis. SMKN 1 Probolinggo akan mengadakan ajang rutin tahunan Olimpiade Bahasa Inggris atau English Olympiad untuk tingkat SD dan MI tahun 2019.

Melalui Olimpiade Bahasa Inggris ini, kalian bisa menambah 'learning experience' (pengalaman belajar) sekaligus sebagai sarana pengenalan Ujian Berbasis Komputer (CBT) kepada siswa sekolah dasar. Jadi tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri dan daftarkan diri kalian melalui bapak/ibu guru di sekolah atau secara langsung ke kami.

Pendaftaran
  • Pendaftaran mulai tanggal 4 November 2019 sampai tanggal 20 November 2019.
  • Pendaftaran bisa dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB di:
    SMKN 1 PROBOLINGGO
    Jl. Mastrip no. 357
    Probolinggo
    atau menghubungi contact person kami sebagai berikut:
    1. WAHYU PERDANA: 0897-0560-0411
    2. PRASTOWO ISMANTO: 0822-3020-4962
    3. TITIN CHASANA: 0852-3534-3823
    4. SILVI: 0857-3554-0566
  • Biaya pendaftaran: Rp. 60,000.-
  • Pengambilan kartu peserta tanggal 22 November 2019.
Technical meeting
Pelaksanaan Technical meeting:
  • Hari/tanggal: Senin, 18 Nov 2019 pukul 09.00
  • Tempat: SMKN 1 Probolinggo
  • Harap setiap sekolah peserta mengirimkan 1 (satu) guru sebagai perwakilan peserta.

Pelaksanaan Lomba
Pelaksanaan lomba:
  • Hari/tanggal: Sabtu, 23 November 2019 pukul 07.30 WIB.
  • Tempat: SMKN 1 PROBOLINGGO

Ketentuan Lomba
  1. Soal bersifat CBT (Soal berbasis komputer)
  2. Soal terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.
  3. Waktu pengerjaan soal adalah 120 menit
  4. Selama mengerjakan soal peserta dilarang menggunakan alat bantu dalam bentuk apapun selain peralatan tulis.
  5. Pemenang adalah peserta dengan nilai terbaik/tertinggi.

Kisi-kisi Materi Olimpiade:
Theme
  1. Notice
  2. Profession
  3. Hobbies
  4. Body parts
  5. Describing people/things/places
  6. Directions/maps
  7. Family tree
  8. Daily Activities/routines
Grammar:
  1. Tenses: Simple present, Simple Future (will), Simple Past, Present Continuous
  2. Countable/uncountable Noun
  3. Adjectives
  4. Question words
  5. Possessives
  6. Prepositions (time/place)
  7. Comparatives

Kami tunggu partisipasi adik-adik semua. Hadiah-hadiah menarik sudah menunggu kalian. Be prepared and good luck.

“Twenty years from now, you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails." (Mark Twain)
Masterweb Affiliate
Originally published on 6/8/10 11.29 pm.