July 03, 2011

Dampak Buruk Narkoba dan Minuman Keras Bagi Kecerdasan Remaja

Dampak Buruk Narkoba dan Minuman Keras Bagi Kecerdasan RemajaAda kabar yang pasti tidak menyenangkan bagi para pengguna narkoba, khususnya Marijuana atau ganja, dan miras. Sebuah studi yang dilakukan The University of New Mexico School of Medicine baru-baru ini menemukan bahwa minuman keras dan Narkoba dapat membawa dampak buruk terhadap kecerdasan dan kesehatan mental remaja. Studi tersebut membandingkan kemampuan mental remaja pengguna narkoba serta pecandu minuman keras, dengan kemampuan mental remaja yang bebas dari narkoba. Secara keseluruhan, penelitian ini semakin membuktikan bahwa Narkoba dan miras sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kecerdasan dan kesehatan mental generasi muda.

Dalam penelitian yang hasilnya dilaporkan dalam the Alcoholism: Clinical and Experimental Research tersebut, sebanyak 48 remaja belasan tahun dibagi ke dalam tiga kelompok yang terdiri dari remaja pengguna narkoba dan miras, remaja bebas narkoba, serta remaja non-pengguna tapi memiliki orang tua pecandu alkohol. Penelitian itu menemukan bahwa semakin banyak minuman keras yang dikonsumsi seorang ABG, semakin buruk hasil ujian yang diperolehnya. Remaja belasan tahun yang mengkonsumsi miras mendapat hasil buruk dalam tes kemampuan kognitif. Penelitian dampak narkoba tersebut juga menemukan bahwa Narkoba berdampak buruk terhadap kemampuan memori atau daya ingat.

Remaja ABG yang mengkonsumsi narkoba maupun miras memiliki masalah atau kelemahan dalam kemampuan memperhatikan, mengingat, dan memproses informasi secara cepat. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa minuman keras bagi remaja dapat menurunkan kemampuan fungsi eksekutif, atau kemampuan kognitif, dan dapat menurunkan kemampuan remaja dalam memfokuskan perhatian dalam waktu relatif lama.
Dampak Buruk Narkoba dan Minuman Keras Bagi Kecerdasan RemajaBahwa kemerdekaan itu ialah hak setiap anak bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan Narkoba harus dihapuskan karena hanya akan menyengsarakan dan merusak masa depan"Professor Robert Thoma dari University of New Mexico School of Medicine menyatakan, “Kekhawatiran kita adalah jika anak-anak mulai mengkonsumsi minuman keras pada usia dini, maka dampaknya bisa terasa sepanjang hidup mereka. Data-data yang kami peroleh semakin membenarkan anggapan itu."

Naah, jika kalian termasuk seorang remaja pemakai narkoba dan minuman keras, berhentilah sebelum terlambat. Atau jika ada teman anda atau seseorang yang anda ketahui memakai narkoba dan miras, ajak dan nasehati mereka untuk berhenti. Ingat, Indonesia membutuhkan generasi muda yang sehat jiwa raga, dengan kemampuan intelektual yang relatif tinggi. Apa yang bisa diharapkan untuk membangun negeri tercinta ini, jika generasi muda Indonesia memiliki kemampuan berpikir hanya setara Pentium 1 atau 2 akibat kecanduan narkoba? Mari bersama-sama perangi narkoba. Say No to Drugs!

"Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu." (Al-Maa'idah: 91)

Mister Guru

If you have a question or constructive feedback, feel free to post a comment. Thank you for your comment.
EmoticonEmoticon