1. Material Mapping For SMA (Class XII):
Competence Standard | Basic Competence |
---|---|
Mendengarkan:1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap |
Berbicara:3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap |
2. Material Mapping For SMK:
Competence Standard | Basic Competence |
---|---|
1. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice (Communicate in English in novice level) | 1.4. Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar (Producing simple sentences to convey basic language functions). |
3. Key word:
Mengakui kesalahan (confessing), berjanji (promising), menyalahkan (blaming), menuduh (accusing), mengungkapkan keingintahuan dan hasrat (expressing curiosity & desire).4. Material:
Asking About Feelings, Expressing Wonder / Curiosity, Asking and Stating Possibility
Asking About Feelings | Expressing Wonder / Curiosity |
---|---|
|
|
Asking About Possibility | Stating a Possibility |
---|---|
|
|
5. Exercise
Complete the following dialogs:- You and your friend have been waiting for more than ten minutes for the school bus to come. You start talking about possibilities that might happen to the bus.
You: "Where’s the school bus? ...(wondering what has happened)...."
Your friend: "I don’t know. ...(asking about a possibility)...?"
You: "...(stating a possibility)..., or ...(expressing another possibility)...."
Your friend: "...(stating a possibility)...." - You and your friend are going shopping at a supermarket. When you are going to pay for your things at the cashier, you cannot find your wallet.
Cashier: "Thirty-six thousand Rupiahs, please."
You: "Oh. Where’s my wallet?"
Your friend: "What’s the matter? ...(asking about feelings / thoughts)...?"
You: "I can’t find my wallet! ...(wondering where it is)...."
Your friend: "...(asking about a possibility)...."
You: "...(stating a possibility).... How embarrassing!"