Check Our Latest Update

Soal Olimpiade & Ujian Sekolah Bahasa Inggris Elementary SD - SMP: Paket Soal 4A

H ai, siswa siswi hebat. Mister Guru sekali lagi akan membagikan salinan otentik dan contoh soal Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat SMP / MTs...

Home Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMK Kisi-Kisi USBN Bahasa Inggris SMK/MAK Tahun Pelajaran 2018/2019

March 05, 2019

Kisi-Kisi USBN Bahasa Inggris SMK/MAK Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kisi-Kisi USBN Bahasa Inggris SMK-MAK
Kurikulum : 2013
Kelompok : Semua

KISI-KISI USBN SMK/MAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Level KognitifFungsi SosialStruktur TeksUnsur Kebahasaan
Pengetahuan dan pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
Peserta didik dapat mengidentifikasi / menentukan aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- peran dan fungsi pembicara / panulis
- peran dan fungsi pendengar / pembaca
Peserta didik dapat mengidentifikasi / menentukan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama paragraf
˗ rincian argumentasi, langkah langkah
˗ peristiwa, deskripsi
- plot, alur pikiran
˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengidentifikasi / menentukan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
- persamaan kata, makna frasa
- word order
- article, demonstrative, possessive
- pronoun
- agreement & number
- tenses
- passive voice
- reported speech
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi - referensi makna
Nomor SoalPG: 1, 11, 24, 31PG: 2, 12, 23, 32PG: 3, 13, 25, 34
Uraian: 45
Aplikasi
* Mengklasifikasi
* Menerapkan
* Menggunakan
Peserta didik mampu mengklasifikasikan / menerapkan / menggunakan aspek-aspek fungsi sosial:
˗ topik/isu/masalah
˗ tujuan/fungsi/pesan
- sikap/nilai yang diusung
˗ peran dan fungsi pembicara/penulis
˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca
Peserta didik dapat mengklasifikasikan / menerapkan / menggunakan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama paragraf
˗ rincian argumentasi, langkah-langkah
˗ peristiwa, deskripsi ˗ plot, alur pikiran
˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengklasifikasikan / menerapkan / menggunakan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
˗ persamaan kata, makna frasa
˗ makna idiom
˗ word order
˗ sentence order
˗ article, demonstrative, possessive
˗ pronoun
˗ agreement dan number
˗ tenses
˗ passive voice
˗ referensi gramatika
˗ kata sambung
˗ preposisi
˗ modal
˗ kalimat conditional
˗ konstruksi derivative
˗ referensi makna
Nomor SoalPG: 4, 14, 24, 35PG: 5, 9, 15, 19, 25
Uraian: 43
PG: 6, 16, 26, 30
Uraian: 44
Penalaran
- Menganalisis
- Menyimpulkan
- Memprediksi
Peserta didik dapat menganalisis / menyimpulkan / memprediski aspek- aspek fungsi sosial:
˗ topik/isu/masalah
˗ tujuan/fungsi/pesan
˗ latar belakang/alasan
˗ akibat/dampak/manfaat
˗ sikap/nilai yang diusung
˗ peran dan fungsi pembicara/penulis
˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca
Peserta didik dapat menganalisis / menyimpulkan / memprediksi keterkaitan makna antar bagian- bagian dalam teks:
˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
˗ rincian argumentasi, langkah-langkah
˗ peristiwa, deskripsi
˗ plot, alur pikiran
˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat menganalisis / menyimpulkan / memprediksi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
˗ persamaan kata, makna frasa
˗ makna idiom
˗ sentence order
˗ tenses (verb)
˗ passive voice
˗ referensi gramatika
˗ kata sambung
˗ preposisi
˗ modal
˗ kalimat conditional
˗ konstruksi derivative
˗ kalimat, frasa, ungkapan, simpulan
˗ referensi makna
Nomor SoalPG: 7, 17, 27, 28, 36PG: 8, 10, 18, 29
Uraian: 42


Keterangan: Jenis-jenis teks lisan dan tulisan untuk materi Fungsi Sosial, Struktur Teks, dan Unsur Kebahasaan adalah:
  1. Teks transaksional/interpersonal lisan/tertulis.
  2. Teks fungsional: letter, advertisement, announcement, invitation.
  3. Teks esai: report, descriptive, procedure, recount, news item.

Recommended

Mister Guru

A person who won’t read has no advantage over one who can’t read. – Mark Twain

  • Newsletter

    Send me new articles by email