Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kurikulum : 2013
Kelompok : Semua
Level Kognitif | Fungsi Sosial | Struktur Teks | Unsur Kebahasaan |
---|---|---|---|
Pengetahuan dan pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan | Peserta didik dapat mengidentifikasi / menentukan aspek-aspek fungsi sosial: - topik/isu/masalah - tujuan/fungsi/pesan - peran dan fungsi pembicara / panulis - peran dan fungsi pendengar / pembaca | Peserta didik dapat mengidentifikasi / menentukan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: ˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama paragraf ˗ rincian argumentasi, langkah langkah ˗ peristiwa, deskripsi - plot, alur pikiran ˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb) | Peserta didik dapat mengidentifikasi / menentukan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan
tertulis berikut ini: - persamaan kata, makna frasa - word order - article, demonstrative, possessive - pronoun - agreement & number - tenses - passive voice - reported speech - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - referensi makna |
Nomor Soal | PG: 1, 11, 24, 31 | PG: 2, 12, 23, 32 | PG: 3, 13, 25, 34 Uraian: 45 |
Aplikasi * Mengklasifikasi * Menerapkan * Menggunakan | Peserta didik mampu mengklasifikasikan / menerapkan / menggunakan aspek-aspek fungsi sosial: ˗ topik/isu/masalah ˗ tujuan/fungsi/pesan - sikap/nilai yang diusung ˗ peran dan fungsi pembicara/penulis ˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca | Peserta didik dapat mengklasifikasikan / menerapkan / menggunakan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: ˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama paragraf ˗ rincian argumentasi, langkah-langkah ˗ peristiwa, deskripsi ˗ plot, alur pikiran ˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb) | Peserta didik dapat mengklasifikasikan / menerapkan / menggunakan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: ˗ persamaan kata, makna frasa ˗ makna idiom ˗ word order ˗ sentence order ˗ article, demonstrative, possessive ˗ pronoun ˗ agreement dan number ˗ tenses ˗ passive voice ˗ referensi gramatika ˗ kata sambung ˗ preposisi ˗ modal ˗ kalimat conditional ˗ konstruksi derivative ˗ referensi makna |
Nomor Soal | PG: 4, 14, 24, 35 | PG: 5, 9, 15, 19, 25 Uraian: 43 | PG: 6, 16, 26, 30 Uraian: 44 |
Penalaran - Menganalisis - Menyimpulkan - Memprediksi | Peserta didik dapat menganalisis / menyimpulkan / memprediski aspek- aspek fungsi sosial: ˗ topik/isu/masalah ˗ tujuan/fungsi/pesan ˗ latar belakang/alasan ˗ akibat/dampak/manfaat ˗ sikap/nilai yang diusung ˗ peran dan fungsi pembicara/penulis ˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca | Peserta didik dapat menganalisis / menyimpulkan / memprediksi
keterkaitan makna antar bagian- bagian dalam teks: ˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama ˗ rincian argumentasi, langkah-langkah ˗ peristiwa, deskripsi ˗ plot, alur pikiran ˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb) | Peserta didik dapat menganalisis / menyimpulkan / memprediksi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: ˗ persamaan kata, makna frasa ˗ makna idiom ˗ sentence order ˗ tenses (verb) ˗ passive voice ˗ referensi gramatika ˗ kata sambung ˗ preposisi ˗ modal ˗ kalimat conditional ˗ konstruksi derivative ˗ kalimat, frasa, ungkapan, simpulan ˗ referensi makna |
Nomor Soal | PG: 7, 17, 27, 28, 36 | PG: 8, 10, 18, 29 Uraian: 42 |
Keterangan: Jenis-jenis teks lisan dan tulisan untuk materi Fungsi Sosial, Struktur Teks, dan Unsur Kebahasaan adalah:
- Teks transaksional/interpersonal lisan/tertulis.
- Teks fungsional: letter, advertisement, announcement, invitation.
- Teks esai: report, descriptive, procedure, recount, news item.