Check Our Latest Update

Soal Reading Bahasa Inggris Ujian Sekolah & VIERA / TOEIC Preparation - Volume 2

Direction: Choose the best answer to the questions Boy : What are you going to do after completing your study? Are you going to the unive...

Home Kisi-Kisi Muatan Nasional Pembelajaran Simulasi UNBK Try Out UNBK Reading Ujian Sekolah SMK UNBK SMK Kisi–Kisi Soal Ujian Sekolah Bahasa Inggris Kelas XII SMK - SMA 2022

February 27, 2022

Kisi–Kisi Soal Ujian Sekolah Bahasa Inggris Kelas XII SMK - SMA 2022

Kisi–Kisi Soal Ujian Sekolah Bahasa Inggris Kelas XII SMK - SMA
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII
Semester : Genap
Tahun Pelajaran : 2021 – 2022
Jumlah Soal : 40
Bentuk Soal : Pilihan Ganda (PG)
No. SoalKompetensi DasarMateriIndikator SoalLevel KognitifBentuk Soal
1Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV sesuai konteks penggunaan.News Item (Pelajari di SINI. Lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks news item tertulis, siswa dapat menentukan pikiran pokok dari teks tersebut dengan benar.Menganalisis (C4)PG (Multiple Choice)
2Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV sesuai konteks penggunaan.News Item (Pelajari di SINI. Lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks news item tertulis, siswa dapat melengkapi kalimat rumpang berisi informasi tersurat dari teks tersebut dengan benar.Menyimpulkan (C2)PG
3Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV sesuai konteks penggunaan.News Item (Pelajari di SINI. Lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks news item tertulis, siswa dapat menentukan jawaban terhadap pertanyaan tentang informasi tersurat di dalam teks tersebut dengan benar.Menyimpulkan (C2)PG
4Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV sesuai konteks penggunaan.News Item (Pelajari di SINI. Lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks news item tertulis, siswa dapat memilih pernyataan yang tidak sesuai dengan informasi tersurat dan tersirat di dalam teks tersebut dengan benarMengevaluasi (C5)PG
5Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk surat lamaran kerja dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan / pengalaman kerja, sesuai konteks penggunaanJob Application Letter (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks surat lamaran pekerjaan tertulis, siswa dapat menganalisis informasi tersirat dari teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
6Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk surat lamaran kerja dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan / pengalaman kerja, sesuai konteks penggunaanJob Application Letter (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks surat lamaran pekerjaan tertulis, siswa dapat menyimpulkan informasi tertentu di dalam teks tersebut dengan benarMenyimpulkan (C2)PG
7Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk surat lamaran kerja dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan / pengalaman kerja, sesuai konteks penggunaanJob Application Letter (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks surat lamaran pekerjaan tertulis, siswa dapat menentukan persamaan / sinonim sebuah kata di dalam teks tersebut dengan benarMenyimpulkan (C2)PG
8Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai konteks dunia kerjaAsking for direction (pelajari di SINI) Disajikan dialog rumpang tertulis berisi informasi petunjuk arah, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
9Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai konteks.Expressing thoughts/ opinions (pelajari di SINI)Disajikan dialog rumpang tertulis tentang pemikiran/ pendapat, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
10Menerapkan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai konteks dunia kerjaHandling/ making telephone calls (pelajari di SINI)Disajikan dialog tertulis berisi percakapan telepon, siswa dapat menentukan konteks percakapan yang tersirat dari dialog tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
11Menerapkan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai konteks dunia kerjaHandling/ making telephone calls (pelajari di SINI)Disajikan dialog tertulis berisi percakapan telepon, siswa dapat menentukan informasi tersirat di dalam dialog tersebut dengan benarMenyimpulkan (C2)PG
12Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanProcedural text (pelajari di SINI)Disajikan teks prosedural tertulis, siswa dapat menentukan informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
13Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanProcedural text (pelajari di SINI)Disajikan teks prosedural tertulis, siswa dapat mengidentifikasi informasi tersurat di dalam teks tersebut dengan benarMenyimpulkan (C2)PG
14Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanProcedural text (pelajari di SINI)Disajikan teks prosedural tertulis, siswa dapat menentukan persamaan kata / sinonim dari sebuah kata di dalam teks tersebut dengan benarMenyimpulkan (C2)PG
15Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah / saran, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanConditional IF + imperative (pelajari di SINI)Disajikan dialog rumpang tertulis berisi kalimat Conditional, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan kalimat perintah yang benarMenganalisis (C4)PG
16Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa serta menanggapinya sesuai konteks penggunaanOffering a service (pelajari di SINI dan di SINI)Disajikan dialog rumpang tertulis berisi penawaran jasa, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
17Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai konteksCause and Effect (pelajari di SINI) Disajikan dialog rumpang tertulis, siswa dapat menganalisis hubungan sebab/akibat untuk melengkapi dialog tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
18Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai konteks penggunaan dunia kerjaTravel schedule / checklist (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks pesan / memo tertulis, siswa dapat menganalisis konteks dan tujuan dari teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
19Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai konteks penggunaan dunia kerjaTravel schedule / checklist (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks pesan/ memo tertulis, siswa dapat menyeleksi informasi yang tidak disebutkan di dalam teks tersebut dengan benarMengevaluasi (C5)PG
20Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanProcedural text (pelajari di SINI)Disajikan teks prosedural tertulis, siswa dapat menganalisis konteks dan tujuan dari teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
21Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanProcedural text (pelajari di SINI)Disajikan teks prosedural tertulis, siswa dapat menentukan urutan langkah di dalam teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
22Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai bidang keahlian dan konteks penggunaanProcedural text (pelajari di SINI)Disajikan teks prosedural tertulis, siswa dapat menyeleksi informasi yang tidak sesuai dengan isi teks tersebut dengan benarMengevaluasi (C5)PG
23Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan / kejadian / peristiwa di waktu yang akan datang sesuai konteks penggunaanConditional sentence (pelajari di SINI dan di SINI)Disajikan dialog tertulis berisi kalimat Conditional rumpang, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
24Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran sesuai konteksExpressing thoughts / opinions (pelajari di SINI)Disajikan dialog tertulis berisi pemikiran / pendapat, siswa dapat menentukan paraphrase yang sesuai dengan isi dialog tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
25Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai konteks penggunaan dunia kerjaMemo (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks memo tertulis, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
26Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai konteks penggunaan dunia kerjaMemo (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks memo tertulis, siswa dapat mengidentifikasi penerima teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
27Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai konteks penggunaan dunia kerjaMemo (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks memo tertulis, siswa dapat menyimpulkan tujuan teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
28Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks khusus berbentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai konteks penggunaan dunia kerjaMemo (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks memo tertulis, siswa dapat menentukan persamaan / sinonim dari sebuah kata di dalam teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
29Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks biografi tokoh sesuai konteks penggunaanBiography (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks biografi tokoh tertulis, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
30Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks biografi tokoh sesuai konteks penggunaanBiography (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks biografi tokoh tertulis, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
31Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks biografi tokoh sesuai konteks penggunaanBiography (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks biografi tokoh tertulis, siswa dapat menyeleksi informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut dengan benarMengevaluasi (C5)PG
32Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks biografi tokoh sesuai konteks penggunaanBiography (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks biografi tokoh tertulis, siswa dapat menentukan rujukan sebuah kata di dalam teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
33Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual sesuai konteks penggunaanAnalytical Exposition (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks eksposisi analitis tertulis, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
34Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual sesuai konteks penggunaanAnalytical Exposition (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks eksposisi analitis tertulis, siswa dapat memilih informasi yang tidak sesuai dengan isi teks tersebut dengan benarMengevaluasi (C5)PG
35Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual sesuai konteks penggunaanAnalytical Exposition (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks eksposisi analitis tertulis, siswa dapat memilih rujukan sebuah kata di dalam teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
36Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual sesuai konteks penggunaanAnalytical Exposition (lihat contoh soal di SINI)Disajikan teks eksposisi analitis tertulis, siswa dapat memilih persamaan /sinonim sebuah kata di dalam teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
37Menganalisis struktur, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual sederhana sesuai konteks pembelajaranFactual report (pelajari di SINI)Disajikan teks factual report tertulis, siswa dapat menentukan tema / pikiran pokok dari teks tersebut dengan benarMenganalisis (C4)PG
38Menganalisis struktur, unsur kebahasaan dan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual sederhana sesuai konteks pembelajaranFactual report (pelajari di SINI)Disajikan teks factual report tertulis, siswa dapat menyeleksi informasi yang tidak terkandung di dalam teks tersebut dengan benarMengevaluasi (C5)PG
39Menganalisis struktur, unsur kebahasaan dan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual sederhana sesuai konteks pembelajaranFactual report (pelajari di SINI)Disajikan teks factual report tertulis, siswa dapat menyimpulkan isi paragraf di dalam teks tersebut dengan benarMemahami (C2)PG
40Menganalisis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya sesuai konteksCongratulating someone (pelajari di SINI) Disajikan dialog rumpang tertulis berisi ucapan selamat bersayap, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan benarMemahami (C2)PG

Recommended

Mister Guru

A person who won’t read has no advantage over one who can’t read. – Mark Twain

  • Newsletter

    Send me new articles by email